Tas Dowa Jogja Kian Mendunia

Tas Dowa Jogja Kian Mendunia

Belakangan ini, telah banyak sekali media berita menyajikan beragam informasi menarik seputar dunia fashion di negara kita, Indonesia. Perkembangan dunia fashion yang berkiprah di Indonesia itu sendiri dapat dikatakan mengalami peningkatan di beberapa dekade terakhir. Hal ini didukung oleh berbagai sisi, baik dari sisi designer lokal yang kini semakin potensial, tingkat perekonomian yang membaik, sampai sektor ritel yang ikut serta mengalami perkembangan pesat.

Tas Dowa Jogja Mendunia
Tas Dowa Jogja Mendunia

Pihak yang memegang peran penting dalam mempengaruhi perkembangan dunia fashion adalah APPMI ( Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia ), Para pelaku APPMI selain perancang dan pengusaha ada pula pihak – pihak yang bergerak dalam fashion retail dan eskpor. Mereka tentunya juga memiliki program tahunan, yakni Fashion Tendance yang diadakan sejak tahun 1993 hingga saat ini masih terus menjadi suatu acara festival tersendiri. Melalui Fashion Tendance biasanya akan menampilkan sebuah fashion show dimana menampilkan prediksi trend fashion di tahun yang akan datang dengan tujuan untuk memberikan sebuah arahan komprehensif mengenai beberapa konsep rancangan terkini untuk versi APPMI kepada masayarakat yang luas.

 

Menurut salah seorang ketua umum dan pendiri APPMI, yakni Poppy Dharsono, setiap trend yang ditampilkan pada acara tersebut, merupakan hasil kombinasi dari inspirasi fashion mancanegara terutama Eropa dan karakteristik masyarakat indonesia. Dimana hal ini akan menjadi sebuah acuan fashion yang menjadi paling digemari adalah dari benua Eropa, seperti negara Paris dan Milan. Selain karena desain yang cukup sederhana namun juga klasik.

 

Majunya teknologi dan arus informasi membuat masyarakat indonesia lebih terbuka pada pengetahuan global. Sehingga tak dapat dipungkiri bahwa trend mode di Indonesia saat ini dalam perkembangan dunia fashion banyak dipengaruhi oleh budaya barat. Namun untuk hal semacam ini tidak menjadi bahwa para desainer di Indonesia berkecil hati karena mereka didukung oleh pers, stylist, retailer, merchandiser, dan fotographer, dimana semuanya bersinergi untuk menyampaikan informasi sesuai bidangnya masing -masing. Meskipun di dominasi oleh style kebarat-baratan, namun ada kalanya kerjasama mereka kembali memunculkan gaya khas Indonesia kembali ke permukaan. Informasi yang seimbang antara gaya barat dan lokall membuat para consumers Indonesia menjadi lebih cerdas dalam memilih mana yang disukainya dan dirasa suit untuk dirinya.

 

Inilah yg coba dilihat dari keinginan pasar sehingga Tas Dowa Jogja hadir untuk menjawab kemauan pasar karena materialnya yg sederhana, rajutan, handmade dengan warna-warna natural.  Kira-kira seperti itu gambaran tas “Jogja punya” ini. Ya, tas yang kini tengah naik daun ini jelas tak kalah dengan tas branded macam Guess, LV, Hermes, Chanel  dan sebagainya.

 

Soal kualitas, Dowa bukan hanya diakui di negeri sendiri akan tetapi tas rajut ini telah menembus pangsa pasar Internasional yaitu Eropa dan Amerika , Seorang wanita bernama Delia Murwihartini adalah sosok dibalik kesuksesan tas lokal ini masuk ke pasar global. Memulai usahanya pada tahun 1989. Melihat produk buatan Delia yang sangat unik dan asli buatan tangan, respon para konsumen khususnya turis dari luar negeri pun cukup bagus.

 

Pusatnya sendiri ada di Jl. Godean km 7 Sidomoyo. Dari arah gamping, ringroad perempatan godean belok kiri, sebaliknya dari arah Maguwo ringroad perempatan godean belok kanan, tidak jauh dari pom bensin. Selain disuguhi beragam tas-tas unik, biasanya di sana juga ada kudapan tradisional atau lebih kerennya jajan pasar. Sementara outletnya ada di hotel  Novotel dan hotel Sheraton Jogjakarta.

 

Jangan takut kuno atau ndeso, justru model rajut lagi digandrungi anak-anak muda hingga pejabat. Jadi bagaimana, daripada memakai produk import atau pura-pura import, mengapa kita tidak memakai hasil karya anak negeri saja.

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *